(bambang pos)
Dalam setiap pembuatan laporan hasil observasi/wawancara/ Praktik Belajar Kewarganegaraan harus disertai dengan tanda tangan orang tua (komunikasi peserta didik dengan orang tua).
1. Setiap awal pembelajaran, peserta didik melakukan kegiatan
mengamati. Kegiatan mengamati dapat berupa: membaca, melihat, mendengar, dan
menyimak. Pada kegiatan mengamati misalnya: mengamati
film/gambar/photo/ilustrasi yang terdapat dalam buku PPKn Kelas X. Kegiatan
membaca misalnya: membaca teks yang ada di dalam buku PPKn Kelas X.
2. Peserta didik dapat diberikan petunjuk penting yang perlu mendapat perhatian seperti istilah, konsep, atau kejadian penting yang
pengaruhnya sangat kuat yang terdapat dalam buku teks pelajaran PPKn.
3. Guru dapat menyiapkan diri dengan membaca berbagai literatur
yang berkaitan dengan materi yang disampaikan. Peserta didik dapat diberikan
contoh-contoh yang terkait dengan materi yang ada di buku teks. Guru dapat
memperkaya materi dengan membandingkan buku teks pelajaran PPKn dengan
literatur lain yang relevan.
4. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif, guru
dapat menampilkan foto-foto, gambar, denah, peta,dan dokumentasi audiovisual
(film) dan lain sebagainya yang relevan.
Langkah kedua : Menanya
1. Peserta didik dapat membuat pertanyaan berkaitan dengan apa
yang sudah mereka baca atau amati, mengajukan pertanyaan kepada guru ataupun
kepada sesama temannya ataupun mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan
dengan materi yang disampaikan.
2. Peserta didik dapat saling bertanya jawab berkaitan dengan
apa yang sudah mereka baca atau amati.
3.
Peserta didik dapat dilatih dalam bertanya dari pertanyaan
yang faktual sampai pertanyaan yang hipotetikal (bersifat kausalitas).
4. Diupayakan dalam membuat pertanyaan antara peserta didik satu
dengan lainnya (khususnya teman sebangku) tidak memiliki kesamaan.
Langkah Ketiga : Mengumpulkan
informasi
1.
Guru merancang kegiatan untuk mencari informasi lanjutan
melalui bacaan dari sumber lain yang relevan, melakukan observasi atau
wawancara kepada suatu instansi/lembaga atau tokoh-tokoh yang terkait dengan
tugas terstruktur atau Praktik Belajar Kewarganegaraan.
2.
Peserta didik menentukan jenis data yang akan dikumpulkan
(kualitatif atau kuantitatif) dan menentukan sumber data (dari buku, majalah,
internet, dan sumber lainnya)
3. Guru merancang
kegiatan untuk melakukan wawancara kepada tokoh masyarakat/Instansi/lembagapemerintahan yang dianggap memahami suatu permasalahan yang sedang dikaji.
Langkah Keempat : Mengasosiasikan
1. Peserta didik dapat membandingkan, mengelompokkan, menentukan
hubungan data, menyimpulkan, dan menganalisis informasi mengenai situasi yang
terjadi saat ini melalui sumber bacaan yang terakhir diperoleh dengan sumber
yang diperoleh dari buku untuk menemukan hal yang lebih mendalam.
2.
Peserta didik menarik kesimpulan atau membuat generalisasi
dari informasi yang dibaca di buku dan dari informasi yang diperoleh dari
sumber lain.
3. Dalam kegiatan mengasosiasikan, peserta didik diharapkan
dapat melakukan analisis terhadap suatu permasalahan, baik secara
mandiri/individual maupun secara kelompok.
Langkah kelima :
Mengkomunikasikan
1.
Peserta didik dapat melaporkan, menyajikan, dan
mempresentasikan kesimpulan atau generalisasi dalam bentuk lisan, tertulis,
atau produk lainnya.
2.
Peserta didik menerapkan perilaku yang diharapkan sesuai
dengan tuntutan KI-4.
3. Kegiatan mengkomunikasikan dapat dilakukan dalam bentuk
presentasi/penyajian materi/penyampaian hasil temuan, baik secara secara
kelompok maupun mandiri.
4. Kegiatan mengkomunikasikan dapat dilakukan dengan menyerahkan
hasil kerja (unjuk kerja) secara tertulis.
5. Kegiatan mengkomunikasikan dapat dilakukan dengan menyerahkan
hasil wawancara (laporan observasi).
6. Jika kegiatan dilakukan dalam bentuk bermain peran, peserta
didik dapat membuat skenario cerita yang kemudian diperankan oleh peserta
didik.
7.
Dalam setiap pembuatan laporan hasil observasi/wawancara/ Praktik Belajar Kewarganegaraan harus disertai dengan tanda tangan orang tua (komunikasi peserta didik dengan orang tua).